Wednesday, March 28, 2018

Informasi Dasar Bagi Pengemar Kopi - A Great Basic for Coffee Lovers

Hal Dasar dan Penting yang Perlu Diketahui 
untuk Pecinta Rasa Kopi Enak



Rekan-rekan JBM, selamat berjumpa kembali dengan topik kami tentang " Hal Dasar dan Penting yang Perlu Diketahui untuk Mendapatkan Rasa Kopi yang Enak"


Banyak pertanyaan yang timbul dalam benak sebagian pecinta kopi / coffee khususnya bagi kalangan yang penikmat kopi namun belum memahami secara mendasar tentang kopi / coffee. Ia bertanya, “Apa sih yang bikin kopi itu enak?”

Pertanyaan tersebut sebenarnya susah-susah gampang sebab menjawab hal tersebut sangat tergantung pada selesa dari “Si Penikmat atau Peminum Kopi” tersebut. Memang sederhana. Tapi memang itulah yang kerap membuat banyak orang menjadi penasaran.
Salah satu contoh adalah dengan pertanyaan, “Apakah sering menikmati atau meminum kopi akan berpengaruh terhadap kesehatan?” Atau banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar kopi.
Semua komentar atau pertanyaan yang timbul atau ada pada dasarnya normal-normal saja. Malah sebenarnya kita perlu bertanya untuk mendapatkan hasil yang baik.
Demikian juga dengan kami, justru dengan banyaknya pertanyaan yang tmbul membuat kami semakin giat untuk menemukan jawabannya atau mencari tahu tentang kopi.
Disini kami akan membahas secara mendasar tentang kopi itu sendiri.
Banyak hal-hal yang menarik atau yang membuat penasaran yang bisa kita jelajahi tentang kopi. Mulai dari cita rasa, cara seduh, atau peralatan untuk membuat kopi yang memiliki citra rasa enak.
Mulai dari pasca panen, sangrai, pembuatan dan seterusnya, dengan kita mengetahui hal-hal yang mendasar maka diharapkan kita minimal akan mengetahui mana kopi yang cocok dan enak sesuai selera kita.
Baca juga  :  Dasar Tentang Kopi

Kami mencoba memaparkan melalui tulisan ini walaupun jauh dari sempurna namun harapan kami, kiranya tulisan ini dapat membantu rekan-rekan pecinta kopi memahami kopi yang dinikmati oleh rekan-rekan. Selain itu harapan kami yang lain adalah, Kita dapat saling membangun pengetahuan agar kita bisa menikmati kopi yang memiliki citra rasa yang enak, cocok untuk kita dan kopi Indonesia terus berkembang.
Biasanya pertama kali kita akan bertanya, “Dimanasih kita dapat menikmati kopi yang memiliki citra rasa yang enak dan kapan kita dapat menikmati kopi tersebut?” Karena kita pun tidak ingin dibatasi oleh waktu dan tempat. Melalui beberapa pertanyaan yang mendasar yang biasa kita temukan atau menjawab, “Dimana kita bisa mendapatkan kopi enak…” Di rumah, di kedai kopi, atau di kantor. Intinya, di mana saja terserah rekan-rekan yang penting  “ngopinya mantap”.
Mari kita bahas satu per satu dasar tentang kopi yang perlu kita ketahui  :

1. Daerah Asal Kopi

Pilihlah “Kopi” yang akan kita seduh atau minum merupakan kopi yang kualitas atau mutunya baik (berasal dari daerah penghasil kopi). Perlu diketahui bahwa negeri kita Indonesia merupakan salah satu produsen atau penghasil kopi yang berkualitas karena kopi “Indonesia” mempumyai banyak varian “single origin”.
Di Indonesia seringkali daerah asal kopi berhubungan dengan citra rasa dari kopi tersebut.
Sebagai contoh  :
  • Kopi Jawa akan mempunyai kadar keasaman yang lebih tinggi
  • Kopi Mandailing memiliki ukuran biji kopi yang lebih besar dll.

2. Jenis Seduhan Favorit

Para pecinta kopi harus memahami jenis seduhan kopi yang diinginkan, hal tersebut sangat ditentukan oleh jenis kesukaan (kopi favorit) yang diminati atau disukai dari seorang penikmat kopi tersebut.
Istilah kopi favorit biasanya akan muncul, bila kita telah beberapa kali mengkonsumsi atau menikmati jenis kopi tersebut. Tidak menutup kemungkinan akhirnya kita sendiri punya metode atau cara menyeduh favorit. Bagaimana kita bisa melakukan hal tersebut? Mudah saja tinggal kita mencari informasi pelan-pelan caranya dan faktor-faktor apa yang menjadi pembeda.

3. Kesegaran

Kopi harus memiliki kesegaran, artinya  :
  • Tidak berbau apek (bau tak sedap)
  • Tidak memiliki aroma
  • Rasanya hambar
  • Setelah diseduh terasa tidak segar.
  • Bila biji kopi tersebut disangrai sebaiknya tidak lewat dari 1.5 – 2.5 bulan

4. Cita Rasa

Ada beberapa rasa yang terkandung di dalam secangkir kopi, umumnya antara lain  :
a. Aroma,
b. Keasaman (acidity),
c. Badan kopi (body),
d. Rasa (flavor),
e. Sisa rasa (aftertaste),

f. Kemanisan (sweetness) dll
Dari beberapa faktor rasa yang diberikan, tinggal rekan-rekan pilih. Mana yang menjadi faktor dominan yang rekan-rekan sukai dan inginkan dari kopi tersebut.
Apakah  :
  • Aroma buah (kopi) yang kuat
  • Kadar keasaman yang biasa saja atau kuat
  • Kadar kepahitan kopi yang tinggi
  • Rasa kopi yang manis walaupun tanpa gula
  • Dll…(tinggal dipilih atau dikombinasikan..)

Dengan memilih atau menentukan beberapa hal yang menjadi dominan atau kombinasi, maka hal tersebut akan menjadikan faktor bagi rekan-rekan dalam memfavoritkan macam kopi yang disenangi.


5. Budget
Perhatikan dengan baik budget / harga kopi yang akan kita nikmati melalui daftar menu atau perbincangan kita dengan pelayan kedai-kedai kopi.
Jangan sampai kopi yang kita nikmati akan tidak terasa nikmat akibat harga yang mahal namun rasanya biasa-biasa saja.
Kedai atau warung kopi yang baik selayaknya akan memberikan harga yang pantas bagi kopi yang disajikannya.

6. Kebersihan

Kebersihan alat-alat seduh kopi yang dibuat juga memegang peranan penting dalam menentukan citra rasa dari kopi tersebut.

7. Suhu Lingkungan

Minum kopi sebaiknya jangan ditempat yang panas, karena biasanya para pecinta kopi ketika meminum kopi untuk bersantai (kalau panas malah bikin gak nyaman, gerah dll). Begitu juga sebaliknya jika suhu terlalu dingin, maka si kopi pun akan cepat cepat dingin dan asam. Jadi kondisi yang baik adalah kondisi sekitarnya sejuk.

8. Aroma Lingkungan
Hindari tempat atau lingkungan dari bau-bau yang menyengat. Karena hal tersebut akan sedikit mempengaruhi aroma dan kenikmatan kopi tersebut. Mengapa demikian karena bau tersebut akan mengganggu kemaksimalan sensor kita dalam menikmati aroma kopi tersebut.
Sebagai contoh, ada beberapa kedai kopi memisahkan ruang bagi penikmat kopi yang perokok dan non perokok.

9. Faktor Pendukung Lain

Ada beberapa macam lingkungan atau suasana pendukung yang mungkin para pecinta kopi sukai, antara lain  :
  • Senang dengan “Interior” yang bagus atau keren atau minimalis
  • Senang dengan full Musik baik “live” atau “tape”
  • Senang dengan suasana atau kondisi yang sepi
  • Senang dengan tempat yang ramai (biasanya rekan-rekan yang suka nongkong atau berinteraksi dengan pecinta kopi lainnya pasti akan suka dengan suasana seperti ini)
  • Senang dengan alam terbuka
  • Senang dengan penjual atau penyeduh kopi sehingga dapat bertukar pikiran tentang kopi dll
  • Semua hal diatas tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman atau kesenangan yang ingin dicapai dalam meminum kopi.

10. Pencernaan
Terkadang kita sering lupa atau mengabaikan hal ini. Sebaiknya sebelum minum atau menikmati kopi yang enak akan terasa nikmatnya bila sebaiknya kita mengisi isi perut atau pencernaan terlebih dahulu.
Banyak orang awam atau pecinta kopi yang salah kaprah atau termakan iklan di TV. Dalam iklan tersebut pecinta kopi atau orang-orang  diajak ketika bangun tidur langsung ngopi.
Hati-hati dan sebaiknya jangan dilakukan. Isi pencernaan dulu mau yang berat atau yang ringan. Ini untuk melapisi lambung kita–terutama mereka yang sensitif dengan asam.
Karena banyak atau sedikit, didalam kopi terdapat kandungan asam (acidity). Maka kami menganjurkan sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan dengan terlebih dahulu dengan mengisi pencernaan kita / lambung kita dengan makanan.
Demikianlah sekelumit informasi tentang “Dasar yang Perlu kita ketahui untuk menikmati rasa kopi enak”.

Kiranya tulisan dan informasi ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan untuk menikmati kopi yang enak.

Selamat mencoba

Sumber  :  http://kopikopikopi.com

Kami tunggu saran atau komentar dari rekan-rekan..
Karena komentar dari rekan-rekan merupakan masukan bagi kami untuk 
semakin baik dan maju

Jangan ragu untuk menghubungi dan berbincang-bincang dengan menghubungi kami.

WA  :  +62 819 0812 9917


atau dapat mengirimkan e-mail ke jayablockmandiri@gmail.com


Salam Sukses

No comments:

Post a Comment

Popular Posts