Friday, March 16, 2018

Informasi Dasar - Karakter Trainer Baik - Basic Good Trainer

Dasar dan Karakter Menjadi Seorang Trainer yang Baik


Banyak orang yang bertanya kepada kami seperti ini : “Saya ingin menjadi seorang trainer, hal dasar atau karakter apa saja yang perlu saya ketahui dan miliki?

Saat ini banyak sekali orang khususnya kaum muda ingin menjadi seorang “trainer”.
Hal tersebut pada prinsipnya sah-sah saja dan setiap orang berhak memilih pekerjaan aktifitas yang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimilikinya atau keinginan hatinya. Apalagi pekerjaan atau kegiatan yang disenanginya bisa menghasilkan dan dapat menunjang biaya hidupnya.

Namun ada beberapa hal dan karakter yang perlu diketahui dan dipahami untuk menjadi seorang trainer. Mengapa demikian? Karena menjadi seorang trainer berarti menempatkan diri pada profesi yang sangat mulia untuk itu seorang trainer harus memiliki pemahaman atau dasar yang kuat.

Seorang trainer harus memaksakan dirinya untuk terus–menerus memperbaiki diri agar dapat menjadi bagian dalam perbaikan apapun itu bentuknya.

Karena seorang trainer memiliki tugas utama antara lain  :

  • Membantu seseorang untuk berubah
  • Membantu seseorang mencari solusi suatu permasalahan
  • Membantu seseorang untuk menemukan bakat atau kemampuannya
  • Membantu seseorang untuk menemukan tujuan hidupnya
  • Dan sebagainya (silahkan didefinisikan oleh rekan-rekan)
Seorang trainer suka tidak suka atau mau tidak mau harus selalu memastikan dirinya bertumbuh terus – menerus dengan belajar. Akhir – akhir ini begitu banyak trainer karbitan yang muncul dan beranggapan bahwa trainer merupakan sebuah profesi yang mudah untuk mencari uang. Namun pada akhirnya banyak pula seorang trainer yang hanya bermodalkan mulut dengan rasa percaya dirinya ‘mengajarkan sesuatui’ kepada orang lain tapi apa yang dibicarakan atau diajarkannya bias (tidak jelas) bahkan tidak sesuai dengan kenyataan hidupnya.

“Beberapa trainer pemula - anak muda yang terjun di dunia training / pelatihan menganggap bahwa menjadi trainer bisa dengan hanya belajar otodidak. Padahal, menjadi trainer yang memiliki dampak itu ada step – by – step nya. Seorang trainer harus memiliki beberapa hal dasar dan karakter yang perlu diketahui dan dikuasai.“

Dalam tulisan kali ini, kami ingin berbagi kepada rekan-rekan sukses baik para pemula atau pemuda yang ingin menjadi trainer tentang beberapa “Dasar dan Karakter yang perlu dimiliki oleh seorang trainer yang baik.

Beberapa “Dasar dan Karakter” tersebut antara lain :

Tulus dan Peduli

Seorang trainer harus memiliki jiwa yang tulus dan peduli / caring kepada orang lain.
Mengapa demikian? Pada prinsipnya trainer bukanlah yang menjadi pusat / bintangnya. Justru yang menjadi pusat / bintangnya adalah audience - nya. Seorang trainer hanyalah seorang pelayan yang bertugas membantu mereka untuk dapat memahami atau menyelesaikan masalahnya. Trainer terbaik adalah mereka yang secara tulus dan peduli terhadap audience - nya.

Memiliki Rasa Percaya Diri
Seorang trainer harus memiliki rasa "Percaya Diri / Confident", untuk itu seorang trainer menjaga rasa percaya diri saat memberikan presentasi dengan :
  • Terus – menerus belajar hingga menjadi seorang expert di bidangnya
  • Berani menerima tantangan yang lebih besar atau diberikan oleh klien atau audience-nya 

Kreatif
Seorang trainer harus Kreatif / Creative dan memiliki kemampuan berkreasi dalam  menciptakan nilai yang baru atau sesuatu yang unik dan berbeda dari sebelumnya. Tanpa kreativitas, maka pelatihan yang dibawakannya akan cenderung membosankan.

Penguasaan

Penguasaan / Competent, seorang ttrainer perlu menguasai minimal 2 hal :
  1. Penguasaan subjek ilmu yang ingin disampaikan (misalnya : keuangan, bisnis, atau pengembangan diri dll)
  2. Penguasaan panggung, mulai dari mempersiapkan materi, membawakan materi dengan sangat menarik (mulai dari slide, cara penyampaian, dll) serta evaluasi materi yang telah dibawakan.

Konsisten / Model

Seorang trainer sebisa mungkin dapat menjadi contoh atas pesan yang disampaikannya dan memiliki komitmen untuk melaksanakan apa yang telah dikatakannya. Seorang trainer yang bisa menjadi contoh atau model akan lebih mudah dipercaya oleh pendengarnya, dari pada  seorang trainer yang hanya bisa berbicara tetapi dapat dijadikan contoh.Disamping itu seorang trainer perlu memperhatikan konsistensinya akan apa yang diucapkannya dengan kenyataan pada dirinya sendiri.

Kolaborasi / Kerjasama
Seorang trainer diharapkan memiliki sifat yang terbuka sehingga dapat bekerjasama / Collaborative dengan orang lain. Karena seringkali dijumpai seorang trainer merasa mampu atau bisa mengandalkan segala sesuatunya sendiri (tidak berani mengakui akan kelemahannya). Beranikan diri untuk asking for help apabila memang belum atau tidak menguasai suatu topik tertentu.

Antusias

Seorang trainer harus memiliki semangat atau sikap yang antusias / compassion dalam menghayati dan menjalankan profesinya sebagai seorang trainer dengan kata lain seorang trainer harus memiliki passion dalam bidangnya. Banyak dari trainer yang tidak memiliki sifat ini, sehingga mudah menjadi bosan karena membawakan pelatihan hanya menjadi sebuah rutinitas saja tanpa memaknainya secara mendalam.

Komunikatif

Seorang trainer maksudnya bukan hanya bisa berkomunikasi menarik di atas panggung saja, tetapi juga pada komunikasi / communicative satu lawan satu kepada klien atau peserta training.

Memiliki Pesan yang Jelas & Kuat

Seorang trainer harus memiliki pesan yang jelas dan kuat / Clarity, sehingga apa yang disampaikannya kepada audience dapat mencapai sasarannya dan audience – pun diharapkan dapat membawa pulang pesan yang disampaiakan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berani Mengambil Resiko

Seorang trainer harus memiliki keberanian untuk mengambil resiko / courageous yang terukur (jangan asal tabrak) seperti membuat program – program baru yang memiliki risiko.

Demikianlah beberapa “Dasar dan Karakter” yang harus dimiliki oleh seorang trainer yang baik.
Mungkin penjelasan atau uraian dari kami masih jauh dari sempurna atau harapan rekan-rekan.
Namun, teruslah mengembangkan diri, jangan pernah jemu atau bosan karena kebosanan akan menjadi salah satu penghambat terbesar untuk kita dapat maju.  
Tidak ada manusia biasa yang sempurna di dunia ini, namun dengan ketidak sempurnaan tersebut, justru membuat kita semakin memiliki hasrat atau keinginan untuk terus belajar meningkatkan diri menuju kesempurnaan dan kebaikan tersebut.

Jangan pernah merasa takut atau rendah diri (rendah hati wajib ya hehehe) karena setiap manusia diberikan kelebihan masing-masing yang tidak mungkin sama dan setiap manusia pun memiliki kelemahan. sehingga ketika rekan-rekan merasakan kelemahan tersebut maka disitulah rekan-rekan akan memahami bahwa kita memerlukan pertolongan “Sang Pencipta / Sang Empunya diri kita (jangan pernah ragu untuk datang dan meminta pertolongan dari Tuhan – semakin rekan-rekan ragu maka semakin jauh kita akan mendapatkan pertolongan dari pada-Nya)

Kiranya tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sukses
Selamat berkarya – Maju terus – Andalkan Tuhan dalam hidup anda

Semoga bermanfaat ya!

Salam Sukses


e-mail  :  jayablockmandiri@gmail.com




No comments:

Post a Comment

Popular Posts