Saturday, February 25, 2017

Tips Menghasilkan Gagasan Besar - Tips for Generating Big Ideas

Cara Untuk Menghasilkan Gagasan Besar 


Hallo sobat sukses...., kita bertemu kembali dengan bahasan lain dengan judul “Cara Untuk Menghasilkan Gagasan Besar”.


Bila rekan-anda saat-saat ini terlalu sibuk untuk berpikir atau memikirkan suatu gagasan besar, merasa otak lagi dalam kondisi macet atau bingung karena berada di dua buah pilihan sulit sehingga membutuhkan perhatian besar.

Nah.. Kami membagikan beberapa hal yang dapat membantu rekan-rekan untuk menemukan atau menghasilkan sebuah gagasan atau ide cemerlangnya ya.

Mari kita lihat apa saja sih  :

  • Beli peralatan elektonik seperti : Hp Android, Tab, laptop mini atau yang mudah dibawa kemana-mana seperti tidur, ke toilet dsb. Sehingga ketika gagasan itu muncul, data langsung dicatat pada perangkat elektronik kita. 

  • Bertanya pada teman dekat dan diskusikan segala pembicaraan dan perhatikan dengan seksamasa pembicaraan tersebut sehingga bida menemukan suatu gagasan atau ide, jangan lupa untuk langsung dicatat.
  • Hindari melakukan segala sesuatu karena hobi karena tidak semua hobi dapat menghsilkan ide atau keuntungan bagi kehidupan kita.
  • Amati situasi yang sedang terjadi seperti hari raya, musim liburan sekolah dsb, Karena melalui situasi tersebut, biasanya kita dapat menemukan gagasan besar.
  • Membaca buku yang dapat menambah wawasan atau gagasan kita. Coba rekan-rekan perhatikan dengan cermat, kesuksesan dan keberhasilan dimuai dari hal yang terkecil. Catat apa yang membuat anda terkesan pada buku yang anda baca dalam catatan harian anda.
  • Buka mata rekan-rekan labar-lebar, banyak sekali kegiatan atau usaha yang ada ada disekitar atau di daerah kita, temukan, lalu pikirkan dan catat hal-hal yang dapat menjadi masukan dalam menunjang gagasan atau usaha kita. Latihlah diri rekan-rekan dengan sering mengunjungi tempat atau daerah tersebut.
  • Jalan-jalan santai seperti ke taman atau tempat-tempat rekreasi dsb. Hal ini membuat rekan-rekan menjadi rileks dan dapat berpikir tenang. Tapi jangan lupa bawa catatan siapa tahu pas ketemu ide atau gagasan yang cemerlang.

 

  • Pergi ke tempat-tempat pameran perdagangan, industry dsb, lalu bertanyalah sebanyak mungkin layaknya seperti seorang pembeli atau wartawan. Selalu pikirkan dengan pertanyaan : Kenapa (How), bagaimana (what), di mana (where) dan kapan (when).


  • Periksa pengalaman kerja rekan-rekan, karena pengalaman tersebut sangat berharga dan siapa tau lewat tuh ide atau gagasan yang mantap.
  • Untuk yang senang berbisnis atau usaha.. Hitung tabungan atau uang yang ada di dalam kocek rekan-rekan bila sudah menemukan gagasan besar dan ingin memulai usaha, hal ini menunjukkan keadaan realistis rekan-rekan nantinya bila menjalankan usaha tersebut . Lain halnya bila rekan-rekan anak dari seorang milyader atau memiki fasilitas lengkap dari orang tua sehingga tidak perlu bersusah payah dalam menentukan modal dan usaha yang akan di jalankan.Namun bagi rekan-rekan yang tidak memiliki modal atau uang tunai yang banyak atau memadai, janganlah hal tersebut menghambat anda dalam berbisnis.Pikirk an lagi gagasan atau ide-ide cemerlang lainnya serta langkah-langkah yang lain yang dapat mendukung ide atau gagasan tersebut.
Setiap tindakan, usaha atau perbuatan kita terkadang dimulai karena adanya inpirasi dari hal-hal yang ada disekitar kita. Mungkin pada awalnya gagasan tersebut dicetuskan oleh berbagai banyak faktor yang bersifat inspirasional. Bila kita belum pernah melakukan atau menjalani pekerjaan atau usaha yang didasari oleh gagasan yang baru tersebut, biasanya akan menimbukan keragu-raguan dalam menjalaninya. 
Peperangan antara inspirasi dan keragu-raguan biasanya akan menimbulkan atau menghasilkan ketegangan sehingga banyak orang melakukan hal tersebut terdorong dengan dasar penjajakan (lama atau lanjut syukur, macet tengah jalan ya sudah gak apa-apa). Hal ini perlu karena hanya orang nekat yang memulai segala sesuatunya tanpa mempertimbangkan sisi-sisi negative di samping peluangnya.
Namun pertimbangan jangan dijadikan hal yang dominan, karena kita tidak pernah tahu akan kehidupan di hari esok. Kita diberikan akal budi dan hati agar dapat berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Jadi tanyakan kepada Sang Pencipta kita ya.. Biasanya kalau pertimbangan terlalu matang sekali juga menurut pemikiran atau perasaan kita, yakebanyakan gak akan pernah jalan atau terealisasi tuh gagasan atau ide-ide yang cemerlangnya.  

Sobat sukses... Selamat menemukan "Gagasan Besar" dalam hidup kita, kiranya berhasil dan Tuhan memberkati gagasan tersebut.
Yakinlah bersama kekuatan dan tuntunan Sang Empunya Kehidupan kita pasti akan merasakan keindahan didalam hidup kita.

Kami tunggu saran atau komentar dari rekan-rekan..
Karena komentar dan saran dari rekan-rekan merupakan masukan yang berharga bagi kami untuk semakin baik dan maju

Jangan ragu untuk menghubungi dan berbincang-bincang dengan menghubungi kami.

WA  :  +62 819 0812 9917


atau dapat mengirimkan e-mail ke jayablockmandiri@gmail.com



Salam Sukses

Elthymosz Jaya Block ”Mova” Mandiri

Sumber  :

Surat kabar Kompas
Surat kabar Sinar Harapan
Surat kabar Media Indonesia
Buku karangan Robert Ashton

No comments:

Post a Comment

Popular Posts