Saturday, April 15, 2017

Cara Kreatif Hidup Sehat - Creative Way of Healthy Living


Menjaga berat badan agar tetap ideal pada dasarnya bukanlah hal yang sulit. Namun yang menjadikan hal tersebut sulit adalah jika tidak memiliki kemauan atau motivasi untuk mewujudkannya.

Sebagian orang telah mengetahui atau memahami bahwa untuk menjaga berat badan agar tetap ideal bukan masalah dari banyaknya makanan yang dikonsumsi, melainkan dari berapa banyaknya kalori yang kita peroleh dari makanan tersebut. Selain itu olahraga yang teratur akan membantu kita untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Hal-hal yang diuraikan diatas sudah sangat sering diutarakan, tapi masih saja banyak orang yang tidak memperdulikan dan kembali kepada kebiasaan-kebiasaannya yang buruk.


Meskipun demikian, pasti akan selalu ada cara-cara kretif yang dapat dilakukan untuk mendorong orang mempraktikkan hidup sehat. Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di AS. Mereka menggantungkan sebuah papan petuntuk di sebuah stasiun kereta api bawah tanah, yang isinya mengajak orang untuk menggunakan tangga ketimbang menggunakan escalator (tangga berjalan). Papan tersebut bertuliskan “Tidak sempat berolahraga, silahkan gunakan tangga”.
Ternyata cara itu cukup efektif untuk mendorong lebih banyak orang menggunakan tangga ketimbang escalator. Menurut pengamatan, setelah papan petunjuk tersebut digantungkan, tercatat rata-rata peningkatan sekitar 22 persen orang menggunakan tangga.

Ketika papan tersebut diturunkan, ternyata pesannya tetap membekas, walau terjadi sedikit perubahan pada jumlah orang yang menggunakan tangga. Setelah tiga minggu, ternyata jumlah pengguna tangga nyaris sama dengan kondisi semula, ketika papan petunjuk tersebut belum dipasang. Ketika papan petunjuk kembali dipasang, peningkatan orang yang menggunakan tangga kembali terjadi meski tidak sedramatis studi sebelumnya.

Studi serupa juga dilakukan di sebuah pusat perbelanjaan, ketika ditampilkan sebuah papan petunjuk yang memuat gambar hati dalam bentuk kartun yang menaiki tangga. Hasilnya juga menunjukkan kecenderungan yang sama.

Bila dilihat pemaparan diatas yang berdasarkan dari beberapa penelitian, ternyata banyak orang yang butuh untuk terus-menerus diingatkan. Jadi jika merasa sangat sulit untuk memulai atau  mempertahankan kebiasaan hidup sehat, Kita dapat mencontoh hasil penelitian tersebut. 

“Buatlah petunjuk-petunjuk atau anjuran-anjuran yang diperlukanpada lokasiyang mudah dilihat”

Namun perhatikan juga kata-kata ini 

“Jangan sekedar melihat dan memahaminya, tetapi harus dituruti dan dijalankan”

Sobat sukses... “Selamat Mencoba dan Selamat Hidup Sehat”





Sampai bertemu dalam informasi atau pembahasan selanjutnya.

Sumber  :

Surat kabar Kompas, Selasa 14 Maret 2017

Kami tunggu saran atau komentar dari rekan-rekan..
Karena komentar dari rekan-rekan merupakan masukan bagi kami untuk 
semakin baik dan maju

Jangan ragu untuk menghubungi dan berbincang-bincang dengan menghubungi kami.


WA  / SMS (tidak telp)  :  +62 819 0812 9917


atau dapat mengirimkan e-mail ke jayablockmandiri@gmail.com



Salam Sukses

No comments:

Post a Comment

Popular Posts