Tuesday, August 28, 2018

Tips yang Harus Dimiliki oleh Seorang Marketing Handal - Tips for a Reliable Marketing

MENJADI SEORANG MARKETING HANDAL


DALAM dunia marketing akan sangat menarik jika Anda menyukainya. Bidang ini menawarkan ruang untuk berkreasi yang tak terbatas, karena dituntut untuk bisa berpikir out of the box agar dapat memasarkan suatu produk. Selain itu, bidang ini juga cocok untuk orang yang menyukai tantangan.
Anda akan merasa sangat puas setiap kali bertahan di bawah tekanan waktu, memenuhi permintaan klien yang bermacam-macam dan menaklukan proyek sesuai rencana.
Jika Anda benar menyukai marketing, cobalah berkarier di bidang ini. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami pekerjaan Anda kelak. Pertanyaan pertama : 
"Apa itu marketing?"


Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (AMA/American Marketing Association), marketing adalah aktivitas, pengaturan dan proses untuk mengerjakan, mengomunikasikan, menyampaikan dan bertukar penawaran yang bernilai untuk pelanggan, klien, mitra dan masyarakat pada umumnya. Jika menilik dari pengertian di atas, pekerjaan di bidang pemasaran bukanlah hal yang mudah. Anda bukan hanya sekeedar berjualan produk tapi lebih kepada pengaturan strategi.
Nah, setelah Anda terbayang tentang pekerjaan di dunia marketing, kini saatnya berusaha belajar memperbaiki diri agar menjadi ahli pemasaran yang handal. Berikut daftar keterampilan yang harus ada dalam diri seorang marketer seperti dikutip dari thebalance.com

Kemampuan berkomunikasi
Dalam dunia marketing, Anda akan bertemu dan bicara dengan banyak orang dari berbagai level. Penyampaian strategi, pemikiran dan proses pengerjaan dengan cara yang tepat adalah kunci kesuksesan Anda. Pastikan Anda menguasai keterampilan berkomunikasi sehingga klien bisa memahami dan menerima usulan yang disampaikan.

Menguasai public speaking
Saat mendapat proyek seperti kampanye dan inisiasi pemasaran baru, Anda akan ditantang untuk menyampaikan ide kepada klien. Maka Anda harus memiliki keahlian berbicara di depan umum. Anda harus percaya diri saat berbicara di depan “penonton”. Anda juga harus siap menghadapi pertanyaan spontan yang disampaikan di ruangan meeting. Selain itu, Anda harus menguasai software untuk presentasi seperti Powerpoint dan Prezi.
Kemampuan menulis
Seorang ahli pemasaran harus memiliki kemampuan menulis yang kuat, baik dalam bahasa formal maupun informal. Anda harus bisa mencetuskan tagline singkat dan mudah diingat untuk membuktikan kreativitas diri. Anda juga mesti memahami tata bahasa yang baik untuk menunjukkan diri sebagai pemimpin yang baik.
Kemampuan analisis
Sebagai marketer, Anda harus melakukan banyak penelitian tentang target pasar. Data yang telah Anda kumpulkan harus dievaluasi untuk mendapat kesimpulan sebagai dasar untuk aksi berikutnya. Dengan demikian Anda membutuhkan kemampuan analisis yang baik.
baca juga  :  Memahami Tujuan dari Penjualan Secara Lisan - PERSONAL SELLING (part-II)
Kreativitas tinggi
Seorang ahli marketing sebenarnya adalah inovator hebat. Anda dituntut untuk bisa menemukan ide baru yang menarik perhatian klien. Kemampuan untuk bisa berpikir out of the box adalah poin yang krusial.
Keahlian bernegosiasi
Negosiasi adalah keterampilan pendukung yang bisa membantu pekerjaan marketing. Anda bisa berkompromi soal budget dengan klien dan membuat kesepakatan deadline dan ekspektasi kerja dengan vendor. Kemampuan untuk membuat daya tawar yang menguntungkan akan membuat Anda sukses sebagai pemasar profesional.
baca juga  :  Teknik Mengantisipasi Keberatan dari Konsumen - Technique of Anticipating Objection from Customer
Mengusai Teknologi
Anda tidak boleh ketinggalan zaman dan melewatkan teknologi terbaru yang bisa mendukung pekerjaan. Belajarlah untuk menggunakan aplikasi untuk manajemen proyek agar Anda bisa mengetahui kemajuan pekerjaan dengan mudah. Beberapa program bisa menyajikan data perhitungan yang menunjukkan sejauh mana kesuksesan proyek yang Anda jalankan melalui media digital. Keterampilan ini harus dikembangkan dari waktu ke waktu sebab teknologi terus mengalami kemajuan.
Manajemen stres
Pekerjaan di dunia marketing bisa membuat Anda stres. Deadline yang ketat, klien yang demanding bisa membuat gugup dan melakukan kesalahan. Ketika kekeliruan Anda menimbulkan efek domino, maka satu proyek bisa kacau. Anda harus bisa mengendalikan diri agar tidak panik saat menghadapi hal tersebut.
baca juga  :  Menjadi Sales - Marketing yang Handal - Become A Relible Sales - Marketing
Temukan dan tentukan kesempatan baru untuk anda. Jikalau Anda ingin mencoba berkarier di dunia marketing, maka Anda harus belajar dengan cepat baik keterampilan atau penguasaan bidang tersebut.

Sumber : thebalance.com

Kami tunggu saran atau komentar dari rekan-rekan..untuk kemajuan dan perkembangan kami



Jangan ragu untuk menghubungi dan berbincang-bincang dengan menghubungi kami.

WA / SMS  :  +62 819 0812 9917

atau dapat mengirimkan e-mail ke jayablockmandiri@gmail.com


Salam Sukses

No comments:

Post a Comment

Popular Posts