Personal Selling (part-II)
2. Tujuan Personal Selling
Menurut Kotler dan Keller (2008:262), tujuan dari personal selling ini adalah :
3. Manfaat Personal Selling
Pada tulisan terdahulu, kita sudah membahas “Pengertian
dari“Personal Selling” dimana “personal selling” adalah suatu bentuk penyajian secara lisan
dalam suatu pembicaraan antara penjual dengan seseorang atau lebih calon
pembeli dengan tujuan terwujudnya penjualan produk.
Sobat sukses JBM, sekarang kita akan membahas
dan mengupas sedikit tentang tujuan dari “Personal Selling”.
Baca tulisan terdahulu
Mengetahui Kegiatan Menjual Secara Lisan - PERSONAL SELLING (part-I)
Baca tulisan terdahulu
Mengetahui Kegiatan Menjual Secara Lisan - PERSONAL SELLING (part-I)
2. Tujuan Personal Selling
Menurut Kotler dan Keller (2008:262), tujuan dari personal selling ini adalah :
a. Mencari calon pelanggan
Mencari calon pelanggan atau petunjuk
Mencari calon pelanggan atau petunjuk
b. Menentukan
sasaran
Memutuskan bagaimana cara mengalokasikan waktu mereka antara calon pelanggan dan pelanggan
Memutuskan bagaimana cara mengalokasikan waktu mereka antara calon pelanggan dan pelanggan
c.
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan informasi tentang produk dan jasa perusahaan
Mengkomunikasikan informasi tentang produk dan jasa perusahaan
d. Menjual
Mendekati, mempresentasikan, menjawab pertanyaan, mengatasi keberatan dan menutup penjualan
Mendekati, mempresentasikan, menjawab pertanyaan, mengatasi keberatan dan menutup penjualan
e. Melayani
Memberikan berbagai pelayanan kepada pelanggan, mengkonsultasikan masalah, memberikan bantuan teknis, mengatur pembiayaan, dan melakukan pengiriman
Memberikan berbagai pelayanan kepada pelanggan, mengkonsultasikan masalah, memberikan bantuan teknis, mengatur pembiayaan, dan melakukan pengiriman
f.
Mengumpulkan
informasi
Mengadakan riset pasar dan melakukan pekerjaan intelijen
Mengadakan riset pasar dan melakukan pekerjaan intelijen
g.
Mengalokasikan
Memutuskan pelanggan yang akan mendapatkan produk langka saat terjadi kelangkaan produk.
Memutuskan pelanggan yang akan mendapatkan produk langka saat terjadi kelangkaan produk.
3. Keuntungan dan Kerugian Personal
Selling
Adapun keuntungan dan kerugian dalam
proses personal selling itu sendiri,
menurut David (1996:87) yaitu dapat diuraikan sebagai berikut :
A. Keuntungan personal
selling terdiri
dari :
1.
Melakukan
interaksi dua arah, kemampuan berinteraksi dengan penerima pesan yang bisa
menentukan pengaruh dari pesan
2.
Menyesuaikan
pesan dengan situasi yang sedang dihadapi dan kebutuhan consumer
3.
Mengurangi dan
meminimalkan gangguan dalam komunikasi sehingga pembeli secara umum memberikan
perhatiannya pada pesan penjualan
4.
Keterlibatan
dlam proses keputusan, pembelibisa menjadi seorang partner dalam proses
keputusan membeli.
B. Kerugian dari personal
selling meliputi
:
1.
Pesan tidak
konsisten yang disampaikan kepada konsumen dapat menjadi citra buruk bagi
perusahaan. Hal ini disebabkan karena para wiraniaga memiliki perbedaan
pengetahuan dan kemampuan sehingga melakukan cara dan gaya yang berbeda dalam
menyampaikan pesan
2.
Timbulnya
konflik tenaga penjual dan manajemen, pada dasarnya tenaga penjualan mempunyai
kecenderungan bebas dan fleksibel dapat menimbulkan konflik pada manajemen
3.
Biaya tinggi,
setiap tenaga penjualan memerlukan biaya yang cukup besar untuk penutupan
penjualan. Tidak semua tenaga penjualan mampu melakukkan penutupan penjualan
dengan baik dan tepat waktu sehingga secara keseluruhan biaya yang dikeluarkan
jadi tinggi
4.
Hasil yang
rendah, karena waktu merealisasikan penjualan relatif lebih lama maka hasil
yang ditargetkan untuk tenaga penjualan lebih rendah
5.
Berpotensi
menimbulkan masalah etika, diantaranta tenaga
penjualan ada yang dapat menimbulkan rusaknya hubungan dengan konsumer sehingga merugikan bagi perusahaan.
Masalahnya etika yang paling sering dilakukan oleh para tenaga penjualan dapat berupa membohongi konsumer, melakukan perbuatan merugikan tenaga penjualan lainnya.
penjualan ada yang dapat menimbulkan rusaknya hubungan dengan konsumer sehingga merugikan bagi perusahaan.
Masalahnya etika yang paling sering dilakukan oleh para tenaga penjualan dapat berupa membohongi konsumer, melakukan perbuatan merugikan tenaga penjualan lainnya.
3. Manfaat Personal Selling
Manfaat
dari personal selling itu sendiri adalah
:
1.
Penjualan
perorangan menciptakan tingkat perhatian pelanggan yang relatif tinggi, karena
dalam situasi tatap muka sulit bagi calon pembeli untuk menghindari pesan
wiraniaga
2.
Memungkinkan
wiraniaga untuk menyampaikan pesan yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan
khusus pelanggan
3.
Karakteristik
komunikasi dua arah dari penjualan perorangan langsung menghasilkan umpan
balik, sehingga wiraniaga yang cermat dapat mengetahui apakah presentasi
penjualannya bekerja atau tidak
4. Penjualan
perorangan memungkinkan wiraniaga untuk
mengkomunikasikan sejumlah besar informasi teknis dan kompleks dari pada metode promosi lainnya.
4. Tipe Personel Selling
mengkomunikasikan sejumlah besar informasi teknis dan kompleks dari pada metode promosi lainnya.
4. Tipe Personel Selling
Menurut Swasta (2002:11) jenis-jenis
promosi penjualan terbagi
menjadi 5 bagian yaitu :
menjadi 5 bagian yaitu :
1. Trade
Selling
Yaitu dapat terjadi bilamana produsen dan pedagang besar
mempersilahkan pengecer untuk berusaha dan memperbaiki distributor produk-produk mereka
Yaitu dapat terjadi bilamana produsen dan pedagang besar
mempersilahkan pengecer untuk berusaha dan memperbaiki distributor produk-produk mereka
2. Missionary
Selling
Yaitu penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong
pembeli untuk membeli barang-barang dari penyalur perusahaan
Yaitu penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong
pembeli untuk membeli barang-barang dari penyalur perusahaan
3. Technical
Selling
Yaitu meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan
nasehat kepada pemberi saran dan nasehat kepada embelpi akhir barang dan jasanya.
Yaitu meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan
nasehat kepada pemberi saran dan nasehat kepada embelpi akhir barang dan jasanya.
4. New
Business Selling
Yaitu berusaha membuka transaksi baru dengan merubah calon pembeli menjadi pembeli. Jenis penjualan sering dipakai oleh perusahaan asuransi.
Yaitu berusaha membuka transaksi baru dengan merubah calon pembeli menjadi pembeli. Jenis penjualan sering dipakai oleh perusahaan asuransi.
5. Responsive
Selling
Yaitu penjualan diharapkan dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli. Dua jenis penjualan disini adalah route driving dan retail
Yaitu penjualan diharapkan dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli. Dua jenis penjualan disini adalah route driving dan retail
5. Bentuk-Bentuk Personal Selling
Menurut Djasmin Saladin dan Yevis
Merti Oesman (1994:195)
terdapat tiga bentuk dari personal selling, yaitu sebagai berikut :
terdapat tiga bentuk dari personal selling, yaitu sebagai berikut :
1. Field
Selling, yaitu tenaga penjual yang melakukan
penjualan diluar perusahaan dengan mendatangi dari satu rumah ke satu rumah
atau dari perusahaan ke perusahaan lainnya.
1)
Field Selling meliputi :
a.
Penjualan Langsung
Yaitu penjualan yang dilakukan dari rumah
ke rumah untuk menjajakan barang jualannya.
Penjualan ini sangat menghabiskan
banyak waktu dan tenaga
b.
Penjualan
Otomatis
Yaitu penjualan yang dilakukan dengan menggunakan mesin yang telah dipasang secara otomatis yang selalu memberikan pelayanan 24 jam
Yaitu penjualan yang dilakukan dengan menggunakan mesin yang telah dipasang secara otomatis yang selalu memberikan pelayanan 24 jam
c.
Jasa Pembelian
Yaitu badan usaha yang memberikan produknya berupa jasa seperti: Sekolah, Rumah sakit, Asuransi dan Bank
Yaitu badan usaha yang memberikan produknya berupa jasa seperti: Sekolah, Rumah sakit, Asuransi dan Bank
2)
Retail Selling,
Retail
selling, yaitu tenaga penjualan yang melakukan
penjualannya dengan melayani konsumen yang datang ke perusahaan atau took
penjualannya dengan melayani konsumen yang datang ke perusahaan atau took
3)
Executive
Selling, merupakan hubungan yang dilakukan
oleh pemimpin perusahaan dengan pemimpin perusahaan lainnya atau dengan
pemerintah, dengan tujuan melakukan penjualan.
5. Sifat-Sifat Personal Selling
Personal selling merupakan
salah satu alat promosi yang paling
efektif terutama dalam bentuk preferensi, keyakinan dan tindakan
pembeli.
efektif terutama dalam bentuk preferensi, keyakinan dan tindakan
pembeli.
Menurut Kotler (1997 :224) dalam
bukunya manajemen
pemasaran, personal selling bila di bandingkan dengan periklanan
memiliki tiga sifat khusus, yaitu :
pemasaran, personal selling bila di bandingkan dengan periklanan
memiliki tiga sifat khusus, yaitu :
a)
Konfrontasi
Personal (Personal Confrontation)
Personal selling mencakup hubungan yang hidup, langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing masing pihak dapat melihat kebutuhan dan karakteristik pihak lain secara lebih dekat dan segera melakukan penyesuaian.
Personal selling mencakup hubungan yang hidup, langsung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing masing pihak dapat melihat kebutuhan dan karakteristik pihak lain secara lebih dekat dan segera melakukan penyesuaian.
b)
Pengembangan (cultivation)
Personal selling memungkinkan timbulnya berbagai jenis
hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai dengan
hubungan persahabatan.
Personal selling memungkinkan timbulnya berbagai jenis
hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai dengan
hubungan persahabatan.
c)
Tanggapan (Response)
Personal selling membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengar, memperhatikan dan menanggapi wiraniaga.
Personal selling membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengar, memperhatikan dan menanggapi wiraniaga.
Sobat sukses “JBM”, Apapun kondisi
dan keadaannya , apapun latar belakang, kekurangan, pendidikan dsb, teruslah belajar dan praktekan dan demonstrasikan segala sesuatu yang didapat untuk memajukan diri dan
keahlian Anda.
Sobat sukses JBM… sampai jumpa pada
pembahasan atau topik atau bahasan-bahasan yang lainnya..
Kamu tunggu saran dan masukan rekan-rekan, bila ada sesuatu yang ingin ditanyakan dapat menghubungi kami via
WA : +62 819 0812 9917
atau dapat mengirimkan e-mail ke jayablockmandiri@gmail.com
Salam Sukses
Semoga bermanfaat ,,,
Selamat mencoba & Salam Sukses
Kamu tunggu saran dan masukan rekan-rekan, bila ada sesuatu yang ingin ditanyakan dapat menghubungi kami via
WA : +62 819 0812 9917
atau dapat mengirimkan e-mail ke jayablockmandiri@gmail.com
Salam Sukses
Semoga bermanfaat ,,,
Selamat mencoba & Salam Sukses
No comments:
Post a Comment