Thursday, July 5, 2018

Belajar Memahami dan Mengantisipasi Perubahan dengan Cepat - Learn to Understand and Anticipate Change Quickly

CHANGE...

Era tahun 90-an handphone merupakan barang yang cukup mewah dan langka, hanya orang tertentu saja yang memilikinya. Sepuluh tahun kemudian, handphone sudah bukan lagi barang yang langka, banyak orang yang sudah memilikinya dan saat ini menjadi barang yang sangat dibutuhkan untuk memperlancar komunikasi.
Hampir semua orang memiliki handphone, mulai dari office boy, tukang bakso, tukang sayur, tukang ojek, bahkan sampai murid sekolah dasar pun sudah memilikinya.
Lain halnya dengan pager, di awal tahun 90-an perkembangan pager sangat bagus. Sudah menjadi kewajiban setiap pebisnis, dokter, ibu rumah tangga dll. Tetapi sekarang ini pager sudah jarang ditemui bahkan boleh dikatakan sudah tidak ada lagi orang yang memakainya, bisa-bisa menjadi bahan tertawaan bila masih ada yang memakainya.

Menarik bukan contoh yang dipaparkan diatas, bila diamati kondisi diatas sangatlah jelas bagaimana sebuah jenis produk yang tadinya laris manis dengan luar biasa bisa turun dengan drastis, bahkan hilang dengan cepat dari pasaran atau konsumennya. Begitu juga dengan produk yang tadinya langka dipasaran sekarang menjadi sangat mudah didapatkan atau ditemui. Semua itu hanya satu kata yang dapat menjelaskan hal tersebut yaitu “PERUBAHAN / CHANGE”

Setiap kondisi atau lingkungan akan dapat berubah dan bagi mereka yang tidak mampu mengikuti perubahan tersebut lama-kelamaan akan tergerus atau teringgal oleh keadaan bahkan untuk didalam dunia usaha/bisnis bisa mengalami kebangkrutan.

Ada sebuah pengalaman dari suatu kehidupan yang menarik telah terjadi. Suatu keadaan dimana telah terjadi pada seorang pengusaha mesin tik yang pada puluh tahun lalu telh menjadikan dirinya sebagai orang yang sangat kaya raya. Namun ketika masuk era komputer, usahanya menjadi bangkrut dan pengusaha tersebut mengalami depresi sehingga membuatnya menjadi gelandangan, tetapi pada akhirnya pengusaha tersebut menyadari akan situasi atau kondisi yang terjadi dan membuatnya 
bangkit kembali lalu menjadi pengusaha computer yang berhasil dan sukses.

Jhon Naisbitt, pada tahun 1995 pernah mengatakan dalam bukunya Megatrend Asia, berdasarkan survey yang ia lakukan dibelahan dunia, ada 8 perubahan yang terjadi. Salah satu perubahan tersebut adalah teknologi. Hal ini membuat usaha padat karya berubah menjadi teknologi canggih.
Hal ini juga berarti terjadinya pengurangan tenaga kerja manusia secara besar-besaran dan digantikan dengan teknologi canggih. Hanya orang-orang yang memiliki kemampuan dan nilai yang lebih tinggi saja yang dipertahankan oleh perusahaan. Keahlian kerja tidak cukup bila kita hanya mengandalkan ilmu pengetahuan yang kita peroleh dari sekolah atau bangku kuliah saja serta keahlian standar saja. 

Bila saat ini para Sobat mengaku sebagai professional, tetapi para Sobat tidak bisa menggunakan computer, kalaupun dapat menggunakan komputer hanya biasa-biasa saja (standard minim), internet, faximilebluetooth, 3G, 4G dsb. Sebenarnya para Sobat masih jauh dibawah standar yang dibutuhkan sebagai seorang professional. Para Sobat perlu mengikuti perkembangan teknologi praktis yang dapat dipergunakan atau diterapkan sebagai penunjang dan memperlancar pekerjaan.
Pengalaman kerja, inovasi dan kreativitas yang dapat memberikan hasil atau dampak akan meningkatkan nilai para Sobat di mata perusahaan.

Beberapa hal yang perlu menjadi pokok perhatian kita :
  1. Sudahkah kita selalu mengikuti perubahan disekitar kita dan zaman?
  2. Apakah kita selalu meng-update pengetahuan kita dengan hal-hal yang baru?
  3. Seberapa besar peningkatan kualitas diri yang telah kita kembangkan dalam di tahun lalu dan tahun ini
  4. Apakah kita mau bertumbuh setiap saat?
Jawablah itu dalam diri dan pribadi kita, lalu temukan jawabannya - komitmenkan serta jalankan komitmen tersebut

Remember :

Nasihat bijaksana dari Jhon Nasbitt untuk para Sobat yang ingin maju dan sukses

“Siapa yang tidak mau atau mampu mengikuti perubahan akan tertinggal atau ditinggalkan”

“Siapa yang sekedar mengikuti perubahan akan tetap survive di level yang sama (alias gak naik-naik). Namun bagi mereka bisa mengikuti perubahan dan melakukan penambahan nilai dalam dirinya, justru akan dapat mengatur perubahan tersebut.”  

“Dengan tetap terus berubah kearah yang lebih baik, meningkatkan prestasi, menciptakan nilai yang tinggi didalam diri akan menjadikan para Sobat tidak tergilas dan stress terhadap perubahan yang terjadi.



Kami tunggu saran atau komentar dari rekan-rekan..
Karena komentar dari rekan-rekan merupakan masukan bagi kami untuk 
semakin baik dan maju

Jangan ragu untuk menghubungi dan berbincang-bincang dengan menghubungi kami.

WA  / SMS (tidak telp)  :  +62 819 0812 9917


atau dapat mengirimkan e-mail ke jayablockmandiri@gmail.com


Salam Sukses

Your Smile Our Inspirations 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts