Monday, February 26, 2018

Informasi Dasar Konsep Penjualan - Basic Information Sales Concepts

PEMAHAMAN DASAR TENTANG PENJUALAN 

Pengertian Penjualan
Banyak yang memberikan atau mendefinisikan tentang “penjualan”. Namun kami mencoba mengambil salah satu dari sekian banyak definisi tersebut.
Definisi penjualan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penjual dalam menjual barang dan jasa dengan harapan akan memperoleh keuntungan atau laba.
Menurut Swastha (2001:9), penjualan adalah pertukaran barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Melalui penjualan diharapkan dapat tercipta suatu proses pertukaran barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Dalam perekonomian, seseorang yang menjual sesuatu akan mendapatkan imbalan berupa uang atau sesuatu yang bernilai dan berharga. Melalui alat penukar berupa uang atau sesuatu yang bernilai tersebut, orang akan lebih mudah memenuhi segala keinginannya, sehingga penjualan menjadi lebih mudah dilakukan.

Jenis-jenis Penjualan
Menurut Swasta (2002:11) jenis-jenis promosi penjualan terbagi menjadi 5 bagian yaitu :

1. Trade Selling
Trade Selling dapat terjadi bilamana produsen dan pedagang besar mempersilahkan pengecer untuk berusaha, memperbaiki dan mengembangkan distributor produk-produk mereka.
2. Missionary Selling
Missionary Selling, merupakan penjualan yang mengupayakan peningkatan dengan mendorong pembeli untuk membeli barang-barang dari penyalur perusahaan.
3. Technical Selling
Technical Selling, yaitu meningkatkan penjualan dengan pemberian saran dan nasehat kepada pemberi saran dan nasehat kepada pembeli akhir barang dan jasanya.
4. New Business Selling
New Business Selling, yaitu berusaha membuka transaksi baru dengan merubah calon pembeli menjadi pembeli. Jenis penjualan sering dipakai oleh perusahaan asuransi.
5. Responsive Selling
Responsive Selling, yaitu penjualan diharapkan dapat memberikan reaksi terhadap permintaan pembeli atau konsumen. Dua jenis penjualan disini adalah route
driving dan retail.

Volume Penjualan
Volume penjualan adalah tingkat yang diperoleh perusahaan untuk periode tertentu dalam satuan. Dalam kegiatan pamasaran kenaikan volume penjualan merupakan ukuran efisiensi, meskipun tidak setiap kenaikan volume penjualan diikuti dengan kenaikan laba. Sehingga volume penjualan dapat diartikan sebagai jumlah dari kegiatan penjualan suatu produk dan jasa yang diasilkan oleh perusahaan dalam suatu ukuran tertentu.

Wiraniaga
Wiraniaga adalah seseorang yang bekerja untuk suatu perusahaan dengan melakukan salah satu (atau lebih) dari berbagai aktivitas berikut ini : memprospek, berkomunikasi, melayani, dan mengumpulkan informasi.

Jenis-jenis Wiraniaga
Menurut Swasta (2001:11) tugas penjualan yang dilakukan wiraniaga terdapat empat macam wiraniaga, yakni :

1. Merchandisin Salesman
Merchandising salesman tidak hanya menjual saja, tetapi juga membantu penyalur dlaam mempromosikan penjualan produknya. Ia bertanggung jawab pulan atas persediaan barang dan membantu dengan periklanan. Tugas penjualan yang dilakukan disebut trade selling.

2. Detail Man
Ciri khusus Detai Man adalah tidak melakukan penjualan secara langsung. Misalnya, perusahaan obat-obatan dapat menggunakan detail man untuk memperkenalkan dan membujuk para dokter agar menggunakan obta-obatan yang diproduksikan.Tugas penjualannya disebut missionary selling.

3. Sales Engineer
Sales Engineer adalah penjual yang juga dapat memberikan latihan atau demonstrasi secara teknik tentang barang-barang yang dijual.
Biasanya barang-barang yang dijual berupa barang-barang industry ; seperti instalasi, bahan mentah dan barang setengah jadi atau komponen-komponen. Tugas penjualannya disebut technical selling.

4. Pioneer Product Salesman
Pioneer Product Salesman adalah mempunyai tugas pokok untuk
membuka daerah baru atau segmen pasar yang baru bagi produk barunya. Dalam hal ini perusahaan juga menentukan penyalurnya. Tugas penjualan ini disebut business selling

Sobat sukses “JBM”,sampai disini dulu pembahasan kita tentang “Penjualan”.
Sampai jumpa pada pembahasan atau topik yang lainnya..

Bila ada saran atau tambahan, jangan ragu-ragu untuk memberikan komentar dan masukan, karena komentar dan dan masukan dari sobat sukses sangatlah berarti untuk kami.
Kami yakin masukan dan komentar dari sobat sukses akan membuat kami semakin berkembang dan terus maju dalam menulis dan memberikan informasi yang lain.

“Majulah Bangsaku.. Majulah Negeriku.. Majulah Rakyatnya.. Indonesia Jaya”

No comments:

Post a Comment

Popular Posts